Advertisement

MATERI GEOGRAFI KELAS XII

Thursday, July 29, 2010 , Posted by Santoso Prihantoro at 12:10 AM

Buku geografi bagi Siswa kelas XII sangatlah penting, karena untuk membantu pembelajaran dalam menghadapi Ujian Nasional pada akhir tahun (isilah komentar mengenai pendapat anda tentang UNAS apakah setuju atau tidak) materi kelas XII ini mungkin sedikit membantu anda dapat belajar. Untuk siswa yang menginginkan silakan meng  klik  SELAMAT BELAJAR DAN SMOGA SUKSES




WUJUD INTERAKSI/ZONA INTERAKSI DESA KOTA

Zone-zone kota-desa yang dapat menimbulkan berbagai wujud interaksi desa-kota :
  1. City diidentikkan dengan kota
  2. Suburban adalah suatu area yang lokasinya dekat pada pusat kota dengan luas yang mencakup daerah penglaju (subdaerah perkotaan).
  3. Suburban fringe adalah suatu area yang melingkari suburban dan merupakan daerah peralihan antara kota dan desa (jalur tepi subdaerah perkotaan).
  4. Urban fringe adalah semua daerah batas luar kota yang mempunyai sifat-sifat mirip kota kecuali inti kota (jalur tepi daerah perkotaan aling luar).
  5. Rural-urban fringe adalah jalur daerah yang terletak antara kota dan desa yang ditandai dengan penggunaan tanah campuran (jalur batas desa-kota). 

PEMBAGIAN KOTA METROPOLITAN

a. Pola metropolis menyebar (dispersed)
Terbentuk dengan mengembangkan bagian kota yang paling jarang penduduknya. Pada bagian kota yang padat penduduknya dibangun kembali dengan mengurangi kepadatan penduduk sehingga kota metropolis tersebut akan menyebar. Prasarana sosial ekonomi seperti kantor, rumah sakit, pabrik dan universitas disebar ke kawasan yang baru.

b. Pola metropolis galaktika
Terbentuk dari permukiman kota yang kecil-kecil berpenduduk padat, dipisahkan oleh kawasan pertanian      yang jarang sekali penduduknya atau bahkan tidak berpenduduk. Kegiatan sosial ekonomi terpusat di           berbagai pemukiman. 
c.Pola metropolis memusat
Dibentuk oleh kegiatan sosial ekonomi yang tinggi dengan kepadatan penduduk yang tinggi pula, terutama di pusatnya. Karena kegiatan sosial ekonomi sangat tinggi, banyak penduduk yang tinggal di apartemen dan rumah susun.

d. Pola metropolis bintang
    Terbentuk karena mempunyai inti yang utama, dengan pola kepadatan penduduk membentuk bintang     memanjang. Lengan-lengan kota itu mempunyai kepadatan penduduk yang sedang.

e. Pola metropolis cincin
    Terbentuk dengan kepadatan penduduk terletak di sekeliling tengah kota. Adapun daerah yang jarang     penduduknya terletak ditengah kota.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment

good luck